WAKAF SUMUR BADUY

Amal Produktif Indonesia

Akun terverifikasi

Kampung Mualaf Baduy

Tak terasa perjuangan kami berdakwah di pedalaman Suku Baduy luar sudah memasuki tahun ketiga. Menyaksikan langsung anggota Suku Baduy mengucap syahadat tentu kebahagiaan yang tak terkira bagi kami. Namun sayangnya, ketika mereka menyatakan diri memeluk Islam, mereka harus meninggalkan tempat tinggal sebelumnya.

Kesedihan mendalam bagi kami karena belum mampu menyediakan tempat bernaung bagi mereka. Atas apa yang terjadi, kami berusaha membeli tanah sebagai wakaf agar saudara-saudara baru kami mendapatkan tempat tinggal yang layak setelah mereka terusir karena berislam. Dan juga lahan tersebut akan menjadi lahan produktif untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi mereka. Tanah tersebut tersedia hampir 12.700m2 dengan harga 50rb/meternya.

Masyarakat Mualaf Baduy mempunyai sumber air dari aliran sungai, sawah, dan sumur gali sedalam 4 meter. jarak dari kampung mualaf baduy ke aliran sungai sejauh 1 km dan sawah 500 meter, sedangkan untuk sumur galian saat ini kering. sehingga warga harus menempuh jarak 500m s/d 1 km untuk memenuhi kebutuhan seperti minum, masak, mencuci, mandi, dll. Kesulitan air ini disebabkan dari fenomena EL NINO

Rasulullah SAW, Bersabda:

أَىُّ الصَّدَقَةِ أَعْجَبُ إِلَيْكَ قَالَ « الْمَاءُ».

“Sedekah apa yang paling engkau sukai.” Jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah air.” (HR. Abu Daud, no. 1679 dan An-Nasai, no. 3694; 3695; Ibnu Majah, no. 3684. Hadits ini tidak bersambung, Sa’id bin Al-Musayyib tidak bercumpa dengan Sa’ad bin ‘Ubadah. Hadits ini punya syawahid atau penguat tetapi dhaif. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dhaif. Syaikh Al-Albani berpendapat bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lain sebagaimana disebutkan dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 962).

Saudaraku, inilah ladang pahala jariyah yang bisa kita dapatkan. Kesempatan untuk mencari bekal di akhirat. Sepanjang sumur ini dipakai insyaallah kebaikannya akan terus mengalir.

Semoga Allah kirimkan orang baik yang berani mengambil peluang amal jariyah ini. Mari kita bantu para Mualaf Baduy untuk mendapat akses air yang mudah

Semoga niat baik ini menjadi wasilah keberkahan untuk Kita semua. 🤲

Jazakumullah Khairan Khatsiran 🙏